1.
Bentuk usaha untuk menimbulkan
kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut ……
a.
Hacking
b.
Phising
c.
Carding
d.
Sabotase
2.
Merupakan muatan ilegal yang
berupa data atau informasi tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang
dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan ……
a.
Unauthorized access
b.
Sabotase
c.
Illegal contents
d.
Defacing
3.
Perkembangan TIK pada mulanya
ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan untuk
menyampaikan informasi atau berita yang bersifat …..
a.
Searah
b.
Sejarah
c.
Sependapat
d.
Sepakat
4.
Tindakan kriminal yang
memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan
kejahatan dunia maya adalah …..
a.
Cyber crime
b.
Phising
c.
Illegal Contents
d.
Spamming
5.
Aktifitas mengirimkan pesan
kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah
yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan ….
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
6.
Merupakan kegiatan mengubah
tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan
kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya
dinamakan …..
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
7.
Istilah kejahatan seputar
penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain
untuk kepentingan pribadi dinamakan …..
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
8.
Istilah kejahatan yang
dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs
yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan ……
a.
Phising
b.
Spamming
c.
Carding
d.
Defacing
9.
Perkembangan TIK menjadikan
pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran
tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar.
Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang
……
a.
Pendidikan
b.
Ekonomi
c.
Sosial
d.
Politik
10.
Berikut ini merupakan salah
satu kejahatan dunia maya adalah …..
a.
Quick Count
b.
Cyber Squatting
c.
Online
d.
E-Learning
11.
Salah satu manfaat copyright
adalah …….
a.
Menjamin hak si pembuat benda
b.
Menjamin kewajiban si pembuat
benda
c.
Memberikan sanksi kepada si pembuat
benda
d.
Memberikan kode etik pembuatan
benda
12.
Software atau perangkat lunak
yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori ….
a.
Clouse source
b.
Clouse mind
c.
Open source
d.
Pasca bayar
13.
Salah satu contoh pemanfaatan
teknologi dalam bisang ekonomi khususnya perbankan adalah tersedianya mesin
anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat. Keuntungan dari penggunaan
mesin ATM ini adalah ……
a.
Hanya dapat digunakan pada
waktu tertentu
b.
Bisa digunakan untuk mengetahui
informasi sehari-hari
c.
Dapat digunakan untuk mengambil
uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.
d.
Digunakan untuk memasukkan KTP
ke dalam mesin.
14.
Sebuah media online, dengan
para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari
…..
a.
Media online
b.
Media internet
c.
Media komunikasi
d.
Media Sosial
15.
Di bawah ini yang bukan bentuk
media sosial adalah ……
a.
Blog
b.
My Space
c.
Linkedin
d.
Java
16.
Website mengijinkan usernya
untuk mengubah, menambah, ataupun me remove konten-konten yang ada di website.
Website yang dimaksud adalah …..
a.
You tube
b.
Wikipedia
c.
My Space
d.
Linkedin
17.
Para user dari pengguna website
ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ….
a.
Youtube
b.
Wikipedia
c.
Linkedin
d.
My Space
18.
Salah satu fasilitas atau
aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke
seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah …..
a.
Surat kabar
b.
Youtube
c.
Email
d.
PT POS
19.
Berikut ini yang bukan cara
pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah ….
a.
Memperbanyak teman
b.
Membuat konten yang unik
c.
Menentukan sasaran pasar
d.
Memasang iklan
20.
Berikut ini yang bukan manfaat
penggunaan video marketing dalam pemasaran online …..
a.
Lebih dikenal oleh banyak orang
b.
Dapat membangun trending topik
c.
Untuk membangun sebuah relasi
bisnis
d.
Sebagai sarana edukasi dan
informasi
21.
Istilah berpikir komputasional
adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer
(informatika) adalah …..
a.
Computational Thinking
b.
Computational Technic
c.
Technic Computational
d.
Computer Thinking
22.
Istilah pendekatan yang
memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil
sehingga lebih muddah dikelola dan dipahami adalah ……
a.
Perencanaan algoritma
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Dekomposisi
23.
Dalam berpikir komputasional,
kita dituntut mencari kesamaan masalah, solusi menjadi sederhana, dan masalah
mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik …..
a.
Dekomposisi
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Perancangan algoritma
24.
Proses ini merupakan teknik
menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci
dalam berpikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ….
a.
Dekomposisi
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Perancangan algoritma
25.
Proses mengembangkan solusi langkah-langkah
yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut
dengan……
a.
Dekomposisi
b.
Abstraksi
c.
Pengenalan pola
d.
Algoritma
26.
Berikut ini yang merupakan
proses dekomposisi adalah ……
a.
Dokter memeriksa bagian tubuh
pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh
b.
Dokter memberikan resep obat
kepada pasien
c.
Dokter memberikan penjelasan
tentang penyakit yang dideritapasien kepada keluarganya
d.
Dokter menuliskan hasil
pemeriksaan di catatan rekam medis pasien.
27.
Tindakan berikut yang
dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah …..
a.
Tim sepak bola sedang menonton
rekaman pertandingan sebelumnya
b.
Pelatih tim bola voli sedang
memberikan instruksi kepada pemain cadangan
c.
Ilmuwan sedang memperhatikan
reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi
aliran listrik
d.
BMKG sedang merekam gelombang
air laut pasca sunami.
28.
Berikut ini yang berhubungan
dengan abstraksi adalah ……
a.
Mencari kesamaan dengan bentuk
benda
b.
Memecah atau membagi komponen
mobil dalam beberapa bagian
c.
Fokus pada informasi yang
penting
d.
Menyusun langkah yang efesien
29.
Seorang pelatih sepak bola
memberikan instruksi kepada pemain, apa saja yang harus dilakukan terhadap
pemain lawan. Kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan. Hal
tersebut dapat dikategorikan sebagai proses ……
a.
Dekomposisi
b.
Pengenalan pola
c.
Algoritma
d.
Abstraksi
30.
Dokter spesialis penyakit dalam
membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil
rontgen pasien sebelumnya. Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses
…..
a.
Dekomposisi
b.
Algoritma
c.
Pengenalan pola
d.
Abstraksi
31.
Berikut yang tidak
dikategorikan hasil dari proses algoritma adalah …..
a.
Tutorial make up
b.
Resep makanan
c.
Lembaran panduan merakit PC
d.
Resep obat dokter
32.
Istilah computasional thinking
pertama kali diperkenalkan oleh …..
a.
Donald Trumph
b.
Bill Gates
c.
Licklider
d.
Seymour Papert
33.
Istilah computational thinking
pertama kali diperkenalkan pada tahun ……
a.
1980
b.
1990
c.
2000
d.
2010
34.
Dalam pendidikan, berpikir
komputasional dikenal istilah STEM, apakah kepanjangan dari STEM …..
a.
Science, Technology,
Electronic, dan Mathematic
b.
Science, Technology,
Engineering, dan Mathematic
c.
Science, Technology,
Engineering, dan Method
d.
Schoology, Technology,
Engineering, dan Method
35.
Perhatikan contoh komputasional
thinking dalam kehidupan berikut ini !
“Sepeda motor saat dikendarai terdengar bunyi suara
bising pada bagian belakang, semakin cepat kendaraan bergerak semakin keras
suara terdengar.”
Berikut yang tidak termasuk cara menyelesaikan masalah
tersebut dengan teknik dekomposisi adalah …
a.
Bagian mana dari sepeda motor
yang bergerak dan menjadi sumber bunyi
b.
Bagaimana cara memeriksa dan
menetukan sumber bunyi
c.
Bagaimana cara melakukan
perbaikan
d.
Petunjuk langkah perbaikan
sepeda motor
36.
Prosedur langkah-langkah
instruksi untuk melakukan perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran yang
ditulis secara berurutan disebut dengan …..
a.
Flowchart
b.
Algoritma
c.
Diagram
d.
Stop
37.
Saat pelajaran informatika,
siswa kelas 8 mendapatkan tugas membuat program komputer sederhana. Proses
pembuatan algoritma untuk program komputer tersebut dilakukan pada saat …..
a.
Sebelum pembuatan program
b.
Pembuatan program
c.
Program dijalankan
d.
Pengujian program
38.
Dalam penyajian algoritma
terdiri dari dua macam bentuk yaitu tulisan atau bahasa dan gambar (pseudocode
dan flowchart). Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma berupa …..
a.
Bahasa inggris
b.
Bahasa indonesia
c.
Bahasa komputer
d.
Bahasa pemrograman
39.
Diagram alur yaitu sebuah
urutan proses tertentu pada algoritma yang disajikan dengan simbol-simbol
tertentu dalam bentuk diagram …….
a.
Pseudocode
b.
Program
c.
Flowchart
d.
Sketsa
40.
Diberikan algoritma, apabila
warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna
merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam maka
warna jadi …..
a.
Merah
b.
Ungu
c.
Hijau
d.
Putih
II. Soal Uraian
41.
Sebutkan 3 dampak positif dari
perkembangan TIK……………….
42.
Sebutkan 3 dampak negatif dari
perkembangan TIK……………….
43.
Jelaskan pengertian dari hoax ……………….
44.
Jelaskan pengertian algoritma ……………….
45.
Jelaskan pengertian flowchart ……………….
Tidak ada komentar: