banner image
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SMK AL MUNIROH
Kelas / Semester
Kompetensi Keahlian
:
:
X
Multimedia
Mata Pelajaran      
:
Perakitan Komputer
Materi Pokok
:
Tata Letak Komponen Komputer
Alokasi Waktu         
:
4  x 45 menit (4 Jam)

A
Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

B
Kompetensi Dasar dan Indikator

KD K – 1 (Sikap Spiritual)
1.2         Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi.
Indikator:
1.2.1        Dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas atas keteraturan  yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi.

KD KI – 2 (Sikap Sosial)
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam  pembelajaran akuntansi.
Indikator:
2.1.1        Dapat menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam  pembelajaran akuntansi

KD KI – 3.3 (Pengetahuan)
3.3. Memahami peta tata letak komponen komputer
Indikator:
        3.3.1. Dapat memahami  pengertian/pengenalan motherboard.
        3.3.2. Dapat memahami pengertian tata letak komponen pada motherboard.
        3.3.3. Dapat memahami konfigurasi motherboard.
        3.3.4. Dapat memahami jumper pada motherboard.

KD KI – 4.4 (Keterampilan)
4.4  Melakukan pembuatan peta tata letak komponen computer.
4.4.1.   Dapat melakukan pengenalan/ pemahaman motherboard dengan benar.
4.4.2.      Dapat  melakukan/ menunjukkan tata letak komponen pada motherboard.
4.4.3.      Dapat  melakukan konfigurasi motherboard.
4.4.4.      Dapat  melakukan jumper pada motherboard.

C.
Tujuan Pembelajaran

1.        Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas keteraturan  yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam Multimedia.
2.        Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan,  peserta didik dapat menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam  pembelajaran Multimedia.
3.        Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan,  peserta didik dapat menjelaskan  pengertian motherboard dengan benar.
4.        Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan,  peserta didik dapat menjelaskan pengertian tata letak komponen pada motherboard dengan benar.
5.        Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan,  peserta didik dapat menjelaskan konfigurasi motherboard dengan benar.
6.        Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan,  peserta didik dapat menjelaskan jumper pada motherboard dengan benar.
7.        Melalui praktik tata letak komponen komputer, peserta didik dapat menunjukkan letak komponen pada motherboard dengan benar.
8.        Melalui praktik konfiguarasi motherboard, peserta didik dapat  melaksanakan konfigurasi motherboard dengan benar.
9.        Melalui praktik jumper pada motherboard, peserta didik dapat  melaksanakan jumper pada motherboard dengan benar.

D
Materi Pembelajaran

1.        Pengenalan Motherboard.
2.        Tata letak komponen pada Motherboard.
3.        Konfigurasi Motherboard.
4.        Jumper pada motherboard.

E.
Metode Pembelajaran


1.        Pendekatan Scientific (Ilmiah)
2.        Model : Discovery Learning
3.        Metode: Diskusi, inkuiri, penugasan, presentasi, ceramah.

F
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1.     Media                   : LKS, Buku, internet, koran, majalah
2.     Alat/Bahan           : Laptop, LCD Proyektor
3.     SumberBelajar     :
a.         ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program.
b.        Internet          : www.wikipedia.com, www.google.com



G.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
        Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik berdoa/ menjawab salam  bersama-sama.
2.    Peserta didik dipresensi oleh guru.
3.    Peserta didik memperoleh apersepsi dari guru berkaitan dengan pengertian motherboard.
4.    Peserta didik memperoleh motivasi dari guru berkaitan dengan tata letak komponen pada motherboard.
5.    Peserta didik mendapatkan informasi dari guru tentang KD, tujuan, dan scenario  pembelajaran
6.    Peserta didik membentuk kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang

30 menit
Inti
Mengamati
1.     Peserta didik memperoleh hand out/ mengeluarkan buku  tentang komponen-komponen dan pengertian motherboard.
2.     Peserta didik membaca hand out/ buku tentang komponen-komponen dan pengertian motherboard.
Menanya
3.     Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan isi bacaan.
Mengumpulkan
4.     Peserta didik mengidentifikasi isi bacaan (identifikasi masalah)
5.     Peserta didik menyeleksi isi bacaan (pembatasan masalah).
Menanya
6.     Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan identifikasi masalah (rumusan masalah)
7.     Peserta didik menyusun jawaban sementara atas pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah.
Mengumpulkan informasi
8.     Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya jawaban. 
Mengeksplorasi
9.     Peserta didik mengamati berbagai jenis motherboard.
10. Peserta didik mengamati tata letak komponen pada motherboard
11. Peserta didik mempraktekkan konfigurasi motherboard.
12. Peserta didik mempraktekkan posisi jumper pada motherboard.
Mengasosiasi (menalar)
13. Peserta didik melakukan analisis data, menentukan hubungan, dan menafsirkannya.
14. Peserta didik melakukan verifikasi data  untuk membuktikan benar tidaknya jawaban.
15. Peserta didik merumuskan simpulan  hasil diskusi untuk menyempurnakan jawaban.
Mengkomunikasikan
16. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
17. Peserta didik (kelompok) melakukan presentasi hasil dalam pleno (kelas besar)
18. Peserta didik (kelompok)  mengakomodasi masukan pleno.
19. Peserta didik (kelompok) menentukan kesimpulan akhir jawaban dan dokumentasi akhir.


300 menit
Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.    Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.    Peserta didik mendapatkan  penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
4.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
5.    Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.
30 menit
.
H.      Penilaian

1.    Jenis/ Teknik Penilaian
a.       Penilaian Pengetahuan:  Tes Tulis
b.      Penilaian Keterampilan: Tes Praktik
c.       Penilaian Sikap             : Observasi

2.    Bentuk Instrumen dan Instrumen
a.       Bentuk Instrumen: Tes Tulis (Uraian)
Instrumen:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!
1)      Jelaskan fungsi dari motherboard!
2)      Sebutkan 2 macam slot yang terdapat dalam motherboard!
3)      Sebutkan 2 macam chipset yang ada pada motherboard!
b.      Bentuk Instrumen: Tes Praktik (Skala Penilaian/ Daftar Cek)
Instrumen:
Sebutkan nama-nama komponen dalam motherboard berikut!


      Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil penilaian terhadap praktik pengamatan Motherboard
No.
Nama Siswa
Tanggung Jawab
Integritas
Objektivitas
Kemahiran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

















2



















c.       Bentuk Instrumen: Observasi (Skala Penilaian/ Daftar Cek)
Instrumen:

            Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
1

















2



















3.    Pedoman Penskoran
a.       Pedoman Penskoran (Pengetahuan)
Kunci Jawaban
1)      Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.
Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
2)      Slot PCI dan slot AGP
3)      Slot brige dan Nort Brige

Rubrik Penilaian
1)      Tes Tulis Uraian (Pengetahuan)
Soal nomor 1 dijawab benar skor maksimal 10
Soal nomor 2 dijawab benar skor maksimal 20
Soal nomor 3 dijawab lengkap skor maksimal 40
Soal nomor 4 dijawab lengkap skor maksimal 30





b.      Pedoman Penskoran (Keterampilan)
NO.
ASPEK ETIKA PROFESI
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Tanggung jawab
Kurang bertanggung jawab
Cukup bertanggung jawab
Bertanggung jawab
Sangat bertanggung jawab
10
20
30
40
2.
Integritas
Kurang berintegritas
Cukup berintegritas
Berintegritas
Sangat berintegritas
10
20
30
40
3.
Objektivitas
Kurang objektif
Cukup objektif
Objektif
Sangat objektif
10
20
30
40
4.
Kemahiran
Kurang mahir
Cukup mahir
Mahir
Sangat mahir
10
20
30
40


c.       Pedoman Penskoran (Sikap)

NO.
ASPEK
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Religius
Sikap dan perilaku religius sudah membudaya
Sikap dan perilaku religius mulai berkembang
Sikap dan perilaku religius mulai tampak
Sikap dan perilaku religius belum tampak

40
30
20
10
2.
Jujur
Sikap dan perilaku jujur sudah membudaya
Sikap dan perilaku jujur mulai berkembang
Sikap dan perilaku jujur mulai tampak
Sikap dan perilaku jujur belum tampak

40
30
20
10
3.
Disiplin
Sikap dan perilaku disiplin sudah membudaya
Sikap dan perilaku disiplin mulai berkembang
Sikap dan perilaku disiplin mulai tampak
Sikap dan perilaku disiplin belum tampak

40
30
20
10
4.
Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku tanggung jawab sudah membudaya
Sikap dan perilaku tanggung jawab mulai berkembang
Sikap dan perilaku tanggung jawab mulai tampak
Sikap dan perilaku tanggung jawab belum tampak

40
30
20
10






            Skor yang dicapai
Nilai:    ---------------------    x   100
            Skor maksimal

 
 











Mengetahui :
Kepala SMK AL MUNIROH



MUHAMMAD KURDI, S.Hi.

Gresik,     Juli 2017
Guru Mata Pelajaran



SYAHRUL MUBAROK, S.Kom.

Reviewed by syahrulmubarok on Desember 13, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.